Selasa, 23 September 2014 | 17:20 WIB

APEC 2013 - BTDC Jadi Tempat Utama Pelaksanaan KTT APEC

Senin, 08 Oktober 2012 / macro / antara

Denpasar, 8 Oktober 2012 - Kawasan pengembangan pariwisata Nusa Dua (Bali Tourism Development Corporation-BTDC) Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali akan menjadi tempat utama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC), sekaligus tempat menginap para pemimpin dan delegasi negara peserta pada November 2013.

"Rencananya setiap pemimpin negara ditempatkan dalam satu hotel beserta delegasinya, tetapi karena Bali International Park (BIP) tidak jadi dibangun sampai sekarang, sehingga pemerintah mengambil kebijakan dilakukan di BTDC yang bisa menampung para peserta," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Pemerintah Provinsi Bali, I Ketut Teneng di Denpasar, Senin.

Menurut dia, semula BIP akan menjadi tempat utama penyelenggaraan agenda KTT APEC ke-12 yang dihadiri oleh para pemimpin dan delegasi. Namun, dalam perjalanannya, BIP tersebut dibatalkan pemerintah pusat, karena menuai kontroversi terkait izin yang belum dikantongi Jimbaran Hijau, perusahaan konstruksi yang didaulat untuk merealisasikan proyek itu.

BIP merupakan mega proyek dengan nilai triliunan rupiah yang digagas oleh pemerintah pusat untuk menyambut penyelenggaraan KTT APEC 2013.

Taman bertaraf internasional yang awalnya dibangun di Jimbaran itu rencananya memiliki gedung pertemuan berkapasitas 10.000 orang, dan dilengkapi dengan tempat peristirahatan khusus untuk setiap kepala negara yang dilengkapi fasilitas mewah. Meski demikian, Teneng mengakui, Pemprov Bali telah siap untuk menjadi tuan rumah APEC 2013.

Dia mengharapkan, agar perhelatan akbar itu memberi dampak positif bagi Pulau Dewata, baik bagi perkembangan pariwisata, juga ekonomi masyarakat. "Kita berharap dengan berlangsungnya KTT APEC bisa meningkatkan kualitas pariwisata Bali. Kita harus mendukung acara itu dan mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan," katanya.

Kawasan wisata elit BTDC sendiri memiliki sedikitnya 5.000 kamar yang dinilai cukup menampung para peserta KTT APEC yang diperkirakan mencapai 4.000 orang. (Antara)

Dibaca : 490 kali
Baru dibaca Terpopuler