Jumat, 18 April 2014 | 15:02 WIB

Pemerintah Tingkatkan Program Akselerasi Industrialisasi

Selasa, 23 Oktober 2012 / macro / antara

Investor&Pialang, Jakarta - Upaya percepatan pembangunan sektor industri dapat dilakukan melalui program Akselerasi Industrialisasi dari 2012 hingga 2014 yang memfokuskan tiga kelompok industri.

"Fokus tiga kelompok industri meliputi hilirisasi industri berbasis Agro, migas dan bahan tambang mineral, pengembangan industri berbasis sumber daya manusia (SDM), pasar domestik dan ekspor serta pengembangan industri kecil dan menengah (IKM)," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perindustrian, Ansari Bukhari, pada acara wisuda Akademi Pimpinan Perusahaan di Jakarta, Selasa.

Strategi akselerasi industrialisasi, menurut Ansari, dijalankan melalui enam area kebijakan.

"Area kebijakannya mencakup pengamanan industri dalam negeri, pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pelayanan birokrasi, penyempurnaan dan harmonisasi regulasi, kebijakan fiskal serta pembangunan SDM industri," paparnya.

Jumlah penduduk yang besar, lanjut Ansari, merupakan potensi faktor produksi, namun kompetensi SDM dengan kebutuhan industri serta produktivitas tenaga kerja masih rendah.

"Prioritas yang harus dilakukan pemerintah adalah mendorong penyebaran pertumbuhan industri ke seluruh wilayah. Selain itu, pengembangan pendidikan berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia usaha," ujarnya.

Ansari menjelaskan peningkatan kompetensi tenaga kerja Indonesia harus dilakukan dalam menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015.

Tenaga kerja dari Indonesia memiliki kemampuan untuk bersaing dalam AEC 2015 khususnya di sektor industri, tandasnya. (Antara)

Dibaca : 166 kali
Baru dibaca Terpopuler