Senin, 24 Nopember 2014 | 20:26 WIB

Peran PT Beri Edukasi Keuangan Masyarakat

Jumat, 26 April 2013 / macro / antara

Semarang, investorpialang.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad mengungkapkan peran perguruan tinggi dalam memberikan edukasi tentang keuangan kepada masyarakat.

"Istilahnya, kami ingin masyarakat 'melek' finansial. Kalau dahulu edukasi kan diberikan agar masyarakat 'melek' huruf', sekarang bagaimana masyarakat 'melek' finansial," katanya di Semarang, Kamis.

Menurut dia, OJK memang dibentuk untuk melakukan pengawasan terhadap lembaga keuangan. Akan tetapi, banyaknya penyimpangan tentu membuat lembaga itu membutuhkan peran masyarakat, terutama kalangan akademisi.

Usai memberikan kuliah umum di Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, Muliaman menjelaskan bahwa edukasi keuangan bagi masyarakat sangat penting agar tidak mudah tergoda tindakan menyimpang lembaga keuangan.

Ia mencontohkan peran PT bisa dilakukan lewat kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) tematik yang secara khusus menerjunkan mahasiswa untuk memberikan edukasi keuangan kepada masyarakat secara langsung.

Pengawasan yang dilakukan oleh OJK, kata dia, tidak hanya sebatas lembaga perbankan, tetapi meliputi lembaga-lembaga keuangan lainnya sehingga masyarakat harus ditingkatkan pemahamannya atas lembaga keuangan.

Sektor keuangan yang pengawasannya berada pada kewenangan Bank Indonesia dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), kata dia, kini dilimpahkan pengawasannya kepada OJK.

Dengan begitu, dia mengatakan bukan merupakan tugas ringan bagi OJK dalam menjalankan tugas pengawasan, mengingat selama ini banyak penyimpangan yang terjadi dan sebagian besar merugikan masyarakat.

"Kami hadir untuk memperbaiki pengawasan terhadap lembaga keuangan, bukan berarti pengawasan selama ini kurang baik. Namun, perlu dioptimalkan dan difokuskan melalui lembaga tersendiri, yakni OJK," katanya.

Oleh karena itu, kata Muliaman, pihaknya menjalin kerja sama dengan sejumlah PT untuk membantu mengedukasi masyarakat tentang keuangan, salah satunya dengan Unwahas Semarang lewat kegiatan KKN tematik.

Sementara itu, Rektor Unwahas Semarang Dr. Noor Achmad menyambut baik kerja sama yang akan dijalin dengan OJK, mengingat selama ini kegiatan KKN atau permagangan berkaitan lembaga keuangan belum dilakukan.

"Tak hanya itu, kami bersama OJK juga akan melakukan terobosan-terobosan, berupa penelitian untuk memperkuat dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lembaga keuangan," katanya.

Dibaca : 278 kali
Baru dibaca Terpopuler