Jumat, 25 Juli 2014 | 15:57 WIB

Pembangunan Tol Palu-Parigi Kantongi Ijin Menteri

Senin, 10 Desember 2012 / sectoral / antara

Palu, investorpialang.com - Wakil Wali Kota Palu Mulhanan Tombolotutu menyatakan rencana pembangunan jalan tol Palu-Parigi, Sulawesi Tengah sepanjang 35,7 kilometer sudah mengantongi ijin pinjam pakai dari Kementerian Kehutanan.

"Amdal (analisis mengenai dampak lingkungan) juga sudah ada dan pembangunannya bisa dimulai tahun 2013," kata Mulhanan di Palu akhir pekan ini.

Sebelumnya rencana pembangunan jalan tol Palu-Parigi itu mendapat tentangan dari aktivis lingkungan hidup karena akan menembus kawasan hutan dan dikhawatirkan mengganggu ekosistem di dalamnya.

"Semuanya sudah melalui studi dan bisa dikerjakan," katanya.

Dia mengatakan adanya akses jalan tol Palu-Parigi itu akan mempermudah jarak dari Kota Palu menuju sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Tengah.

Selama ini untuk menuju Kabupaten Parigi Moutong dari Kota Palu harus menempuh jalur kebun kopi dengan jarak sepanjang 86 kilometer dan berliku-liku.

Jalan tersebut juga rawan longsor dan rawan kecelakaan.

Jalan yang memiliki 300 tikungan tajam itu adalah jalur darat utama untuk menuju Gorontalo, Manado, Kendari, dan Makassar.

"Jika tol Palu-Parigi jadi maka hanya dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke Parigi Moutong dari Kota Palu," kata Mulhanan.

Dia memperkirakan pembangunan jalan tol Palu-Parigi itu akan selesai selama tiga tahun dengan menelan anggaran sebanyak Rp700 miliar.

Adanya jalan tol Palu-Parigi itu adalah untuk mendukung kawasan ekonomi khusus (KEK) Kota Palu yang rencananya akan ditetapkan pada 2013.

Jalan tol itu diharapkan bisa mempercepat pengiriman barang dan jasa dari Kota Palu menuju sejumlah daerah di Pulau Sulawesi. (ANTARA)

Dibaca : 354 kali
Baru dibaca Terpopuler